Sabtu, 15 Desember 2007

Pengaruh Kolesterol Terhadap Kesehatan Tubuh

Bandung, Sabtu, Jam 9.47 Atmosphere Cefe.
Saat blog ini ditulis saya sedang menghadiri seminar tsb. ih suganteh yang datang ahli gizi atau paramedis, ih yang datang Ibu-ibu dan tante-tante, laki-lakinya juga cuma dikit, tapi saya bukan mo ngebahas stactment tsb.
Kolesterol adalah senyawa lemak yang memang di butuhkan oleh tubuh yang berasal dari manusia itu sendiri (diproduksi sendiri) atau dari protein hewani (nabati tidak ada), jadi jelas SEMUA munyak non kolesterol. Kolseterol bahan untuk hormon. Tubuh secara normal membuat kolesterol 1 gr/hari (kalo usia kita 50 puluh tahun makan kolesterol itu ...............) 365 x 50 x 1 gram = 18.250 gr atau 18 kg (weih berat juga, makanya olah raga). itu yang di produksi tubuh sedangakn menurut literatur (kaya yang suka baca). Kolesterol 2/3 disintesa tubuh dan 1/3 dari makanan. Maka bila kita usia 50 tahun 18,25kg dari tubuh dan 12.17 dari makanan maka berat total 30 kg (weih makin berat).
Jenis kolesterol ada 4 macam (katanya) yaitu :
*) Total kolesterol (merupakan jml keseluruhan kolesterol yg ada dalam tubuh, nilai normalnya (<201)
*) LDL (low density lipoproteins) atau lemak jahat. fungsinya mengangkut koleterol dari hati disebarkan ke seleuh tubuh.
*) HDL (High Density Lipoprotein) atau LEMAK BAIK, berfungsi mengangkut kolesterol dari seluruh tubuh ke hati. SUBHANALOH, Alloh SWT Maha Adil. Tinggal kita saja yang mengaturnya mau koleterol jahat atau koleterol baik.
*) yang lain IDL dan VLDL (Intermediate dan very Low Density Lipoprotein).

Prevalensi Penyakit Jantung Koroner.
Menurut WHO 16,6 juta orang meninggal akibat penyakit tsb. 1/3 seluruh kematian di duania karena penyakit kardiovaskuler. Ih serem udah ah gak akan bahas itu yang penting Ingat Alloh SWT.

Faktor Risiko PJK :
Faktor yang dapat dirubah
- Tk lipid darah yang tdk normal.
- Tekanan darah tinggi.
- Faktor gaya hidup.
Faktor Risiko yang tdk dapat diubah.
- Usia.
- Gender.
- Latar belakang keluarga.
- Etnis atau ras.

Kolesterol selalu diindentikkan dengan penyakit jantung koroner, karena kolesterol merupakan aspek fundamental terjadinya atherosklerosis.

Perevalensi Hiperkolesterol di Indonesia.
;( Kolesterol : 200mg/dl - 249 mg/dl.
:( Usia 25 - 34 th : 9,3 %.
;( Usia 55 - 64 : 15,5 %.
:) Wanita : laki-laki = 14,5 % : 8,6 %.
*) Perkotaan = 13,2 % dan
*) Pedesaan = 10,9 %.


Makanan berkolesterol = kolesterol tinggi ???????????
- Kolestrol makanan tdk otomatis menjadi kolesterol darah.
- Konsumsi makanan berkolestrol tidak menaikkan kadar kolestrol orang sehat bila ada kolesterol dari makanan, produksi kolesterol tubuh menurun.

- Diet rendah kolesterol yang ketat hanya menurunkan kolestrol 10%.

Makanan Yang Menyebabkan Tingginya Kolesterol Darah.

;( Makanan yang terlalu banyak berlemak (digoreng).

:( Kadar lemak dalam makanan lebih dari 30% (seharusnya <>

:( Jenis lemak dominan : Minyak goreng sawit.

;( Komposisi minyak sawit : 51% lemak jenuh, 39% omega 9 dan 10% omega 6.

Jenis Lemak, Pada awalnya lemak terbagi 3 yaitu :

;[ Lemak Jenuh (saturated Fatty Acids/SPA) seperti minyak kelapa sawit, minyak kelapa & minyak hewani (dadih/gajih, mentega). SPA memiliki efek meningkatkan LDL darah dan merupakan dasar pembuatan kolesterol dihati.

:[ Lemak tak jenuh tunggal (monounsasturated fatty acids/MUFA) seperti minyak kacang tanah, olive, canola dan zaitun. MUFA memiliki efek menurunkan LDL dan kadar HDL bisa sedikit naik atau stabil.

;[ Lemak tak jenuh ganda (poly unsaturated fatty acuds/PUFA) seperti minyak jagung, minyak bunga matahari, minyak wijen. PUFA menurunkan LDL dan menaikkan sedikit HDL, namun memiliki sifat tidak stabil dan mudah dioksidasi bila tubuh kekurangan zat anti oksidan (vit C, E dsb). di luar biasanya ibu-ibu salah memperlakukan minyak tsb, karena dalam penggunaannya minyak/lemak tsb mengalami pemanasan yang lama sehingga ikatanya pecah dan awalnya PUFA beralih ke SPA atau TFA.

Dan bebrapa tahun kebelang (sekitar tahun 1990-an) muncul jenis lemak baru yaitu Asam Lemak Trans (Trans Fatty Acids/TFA) seperti margarine, minyak yang dipadatkan melalui proses hidrogenase.
Bila melihat dari jenis lemak dan sifatnya dalam tubuh, akan sulit menurunkan lemak terutama kolesterol dalam tubuh, akan tetapi bila kita melakukan therafy atau usaha, Insya Alloh, kolestrol akan turun, salah satu usaha/tips menurunkan kolestrol adalah sebagai berikut :

1) Perhatikan hirarki pemilihan protein hewani sebagai berikut (bila bisa memilih) :

- Prioritas pertama adalah jenis ikan baik ikan darat ataupun ikan laut. Diluar ikan, harus dihindari seperti cumi, kerang, udang kepiting dll.

- Kedua adalah daging ayam tampa kulit, bila bisa pilih ayam jenis buras/kampung.

- Ketiga daging sapi tampa lemak.

- Terakhir telur tampa kuning telur, bila bisa pilih telur omega 3 atau 6.

2) Bershaumlah bila bisa, karena dengan bershaum tubuh memerlukan energi dan pemecahan simpanan energi yang paling akhir adalah lemak. Akan tetapi justru ketika berbuka sangat menghindari lemak. Karena beberapa jam kemudian kita akan istirahat.

3) Hindari makanan yang berlemak terutama malam hari, karena ada literatur yang menyebutkan masa metabolisme lemak akan habis 9 jam kedepan, bila kita mengkonsumsi lemak siang hari diperkirakan akan habis lemak dimetabolisme jam 9 malam (ketikan kita masih melakukan aktivitas), akan tetapi bila lemak tersebut dikonsumsi malam hari dan kita langsung istirahat, maka lemak akan disimpan (mengendap) dalam tubuh kita.

4) Perbanyak makan serat, baik serat kasar /tidak larut dalam air maupun serat yang larut dalam air. Serat bermanfaat memberi masa di lambung, sehingga kita tidak cepat/mudah lapar (terhindar dari cemil sana cemil sini). Sedangkan lemak yang larut (havermout) terbukti bisa menurunkan kholesterol. Serat kasar juga di usus dapat menghalangi proses penyerapan lemak secara berlebih.

5) Berolah raga yang teratur (materi berolah raga yang benar/B2T2, bisa anda lihat di materi "Pengaturan Berat Badan".

Ada beberapa pilihan terapi dalam penurunan kolesterol tubuh.1) Lemak Versus Lemak.

2) Lemak Versus Serat.

3) TLC (Therapeutic Lifestyle Changes)4) Management Obesity/Pengaturan Berat Badan.
Terapi pertama dan kedua akan penulis bahas lain waktu (bila ada umur, waktu, mood dan uang (matre..... gening)) maklum harga internet/IT di Indonesia no 1 paling mahal, contohnya harga SMS biaya operasionalnya hanya Rp. 75 perak dijual 250 - 350 perak, apalagi kalo SMS undian bisa sampai 2000,- (Fatwa MUI - Haram SMS tsb.).
3) Therapy Lifestyle Changes/TLC.Terapi ini pada intinya sama seperti terapi no 4 yaitu menurunkan berat badan bila berat badan berlebih, karena dengan kelebihan berat badan biasanya (tidak semua) akan terjadi penumpukan lemak terutama kolesterol. Dan olah raga yang teratur.TLC ini mencangkup :

1) Total asupan kalori sesuai dengan kebutuhan yang tergantung usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, aktivitas dan kondisi yang berhubungan dengan asupan kalori seseorang.

2) Karbohidrat 50 - 60% total kalori.

3) Protein 10 - 15% total kalori.

4) Lemak 20 - 25% total kalori.

5) Serat 20 - 30 gram per hari.

6) Gula 5 - 10% total kalori.

7) Cholesterol <>

8) Saturated Fat/Lemak jenuh <>

9) Monounsaturated Fat/Lemak tak jenuh tunggal >20% total kalori.

10) Polyunsaturated Fat Lemak tak jenuh ganda > 10% total kalori.

11) Hal pendukung lain seperti Plant stanols/Fitosterol (2 gram/hari) & Serat larut air ( 10 - 25 gram/hari).
Weleh-weleh apa itu plant stanol/fitosterol, palant stanol merupakan bahan alami dari tumbuh-tumbuhan yang menghambat absorpsi kolesterol dalam saluran pencernaan dan memberikan efek menurunkan LDL darah. Dimana plant stanol lebih mudah terikat pada tempat masuk kolesterol di lumen usus (mengantikan kolesterol dilarutan micelle). Dosis yang dianjurkan 2 gr/hr (tapi ada juga yang menyebutkan 1,2 gr /hr =} terserah anda). Akan menurunkan LDL-C 0,54 mmol/L ~ 25% menurunkan angka kejadian PJK (Penyakit Jantung Koroner). Apapun terapi diatas no 1 kek, no 2 bah ataupun no. 3 weleh-weleh, semua itu hanya menghambat masuknya kolesterol ke dalam tubuh. Tapi terapi no 4 itu paripurna (agak beda, bedanya dia juga mengurangi kolesterol yang sudah ada dalam tubuh.) Silahkan pilih acak corak acak terapi.

Wassalam.





2 komentar:

Low Cholesterol Foods mengatakan...

[...]Low Cholesterol Foods. When you first learned that your cholesterol level is too high, you might start to imagine the illnesses you will have to suffer if you cannot reduce the cholesterol level in your blood[...]

harly mengatakan...

TErimaksiah banyak sudah berbagi..
kolesterol memang masalah yang banyak orang mengalaminy..
mudah-mudahn dengan menerapkan seperti yang terdapat di artikel saudara ini,, kolesterol darah dapat kita turunkan.




kalau butuh bahan bacaan,, kunjungi
REPOSITORY UNAND